Jumat, 23 Maret 2012

REFORMASI PUSKESMAS DALAM RANGKA PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT YANG PARTISIPATIF


Mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai dan berkualitas merupakan hak asasi setiap orang dan pemerintah sebagai pemangku kewajiban dituntut untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang memadai dan berkualitas bagi masyarakatnya. Lewat Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pemerintah telah menetapkan tujuan pembangunan kesehatan yakni,  meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap warga negara Indonesia agar terwujud derajat kesehatan yang optimal.
Untuk itu pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan derajat kesehatan seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, upaya ini bisa dilihat dari menurunnya angka kematian Bayi dan Ibu serta makin meningkatnya status gizi masyarakat serta umur harapan hidup dan dibangunnya berbagai fasilitas kesehatan. Meski demikian harus diakui bahwa pembangunan kesehatan masyarakat di Indonesia belum optimal dan perlu terus untuk ditingkatkan.

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) memiliki peran yang strategis dalam pembangunan kesehatan di Indonesia, karena   Puskesmas sebagai penyelenggara pelayanan kesehatan tingkat pertama yang langsung berhhadapan dengan masyarakat. Puskesmas diperkenalkan pertama kali pada tahun 1968 dan hingga kini hampir semua kecamatan di Indonesia telah memiliki Puskesmas atau Puskesmas Pembantu. Dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor 128 tahun 2004 tentang Kebijakan Dasar Puskesmas disebutkan bahwa Puskesmas adalah Unit Pelasana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan disatu atau sebagian wilayah kecamatan. Untuk itu Puskesmas mempunyai tiga fungsi yakni, sebagai pusat pembangunan berwawasan kesehatan; sebagai pusat pemberdayaan masyarakat; dan sebagai pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama, baik pelayanan kesehatan perorangan maupun pelayanan kesehatan masyarakat.

Sebagai unit pelayanan kesehatan masyarakat tingkat pertama Puskesmas mempunyai tanggungjawab yang besar dalam meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang optimal, selain itu dalam era keterbukaan sekarang ini kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan semakin meningkat dan hal ini  mesti dapat dipenuhi oleh Puskesmas, sehingga Puskesmas mesti berbenah diri dan terus melakukan perbaikan dalam pelayanan masyarakat. Untuk itu Puskesmas mesti melakukan upaya reformasi atau mereformasi diri agar bisa memenuhi ketiga fungsinya.
Dalam Reformasi Puskesmas kegiatan pertama yang dilakukan adalah melakukan survey pengaduan (complain survey), dalam survey ini Puskesmas akan mengidentifikasi keluhan-keluhan masyarakat yang berkaitan dengan pelayanan di Puskesmas. Selanjutnya hasil survey akan didiskusikan dalam lokakarya internal pihak Puskesmas untuk menganalisa hasil survey  tersebut dan menyusunnya menjadi indeks pengaduan masyarakat. Berdasarkan indeks pengaduan masyakat tersebut Puskesmas membangun komitmen dengan mengambangkan visi dan misi  dalam menjawab keluhan masyarakat yang berkaiatan dengan pelayanan yang dilakukannya.  Jawaban terhadap pelaksanaan visi dan misi terbut dibuat dalam sebuah maklumat bersama atau sering diesebut kontrak pelayanan. Kontrak pelayanan ini berisi komitmen dari seluruh staf Puskesmas untuk menjawab semua keluhan masyarakat yang disampaikan dalam complain survey.
Saat ini Dinas Kesehatan Kota Kupang bekerjasama dengan Australia Indonesia Partnership Maternal and Neonatal Health (AIPMNH) melakukan kegiatan reformasi Puskesmas di Puskesmas Bakunase Kecamatan Kota Raja kota Kupang. Kegiatan ini telah dimulai pada pada bulan Juli dan saat ini sedang diadakan survey pengaduan masyarakat yang nantinya akan menjadi acuan bagi Puskesmas Bakunase untuk melakukan Reformasi. Kegiatan Survey Pengaduan ini akan dilakukan hingga akhir Agustus nanti dan hasilnya akan ditindaklanjuti dalam kegiatan selanjutnya.
Kegiatan Survey Pengaduan ini dilakukan oleh 12 orang surveyor yang terdiri dari staf Puskesmas dan kader Posyandu. Survey ini akan mengumpulkan informasi dari 500 responden yang tersebar di delapan kelurahan di wilayah kerja Puskesmas Bakunase. Survey akan dilakukan hingga akhir bulan Agustus 2011.
Hasil dari survey pengaduan ini akan ditindaklanjuti oleh Puskesmas bakunase dengan membuat komitmen  dalam menjalankan Reformasi ditandai dengan penyusunan atau perbaikan standar pelayanan Puskesmas, mengembangkan mekanisme pengaduan yang baik,  serta mengembangkan kapasitas para staf Puskesmas untuk memberikan layanan yang kerkualitas kepada masyarakat.
 Kegiatan selanjutnya  reformasi Puskesmas adalah pelibatan masyarakat dalam kegiatan Puskemas lewat pembentukan sebuah organisasi untuk menghimpun tokoh-tokoh masyarakat yang peduli kesehatan yang akan berperan sebagai mitra Puskesmas dalam upaya penyelenggaraan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas, organisasi ini  dinamakn Badan Penyantun Puskesmas (BPP). Badan ini akan berfungsi  untuk membantu memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pembangunan kesehatan, melakukan advokasi untuk keberhasilan pembangunan kesehatan serta memberikan masukan kepada Puskesmas tentang kinerja mereka.

Badan Penyantun Puskesmas  adalah perwujudan dari peran serta masyarakat dalam membantu Puskesmas untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan nasional dengan mengembangkan pembangunan kesehatan berbasis masyarakat. Untuk itu kegiatan Puskesmas tidak hanya dilihat sebagai upaya pemerintah untuk menjalankan program pelayanan kesehatan, akan tetapi merupakan upaya aktif dari masyarakat untuk membantu tercapainya tujuan pembangunan kesehatan nasional. Badan Penyantun Puskesmas harus dilihat sebagai mitranya Puskesmas untuk membantu kegiatan-kegiatan Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada  masyarakat.
Setelah Puskesmas direformasi dan menampilkan wajah baru perlu diteruskan upaya-upaya untuk meningkatkan dan mempertahankan pencapaian yang telah diperoleh, dengan terus melakukan monitoring dan evaluasi  terhadap kegiatan Puskesmas dan Badan Penyantun Puskesmas juga terus membantu, mengawasi dan memberikan masukan guna peningkatan dan perbaikan kinerja Puskesmas agar tetap memberikan pelayanan yang berkualitas, karena itu kemitraan yang baik antara Badan Penyantun Puskesmas dan Puskesmas harus terus dijaga dan dipupuk agar berkesinambungan. (Daniel Zacharias-Sekcam Kota Raja)

Kamis, 15 Maret 2012

REKAPITULASI JUMLAH PEMILIH TERDAFTAR PEMILIHAN UMUM WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA KUPANG OLEH PANITIA PEMILIHAN KECAMATAN



MODEL A5 – KWK.KPU



 
PANITIA PEMILIHAN KECAMATAN          : KOTA RAJA
KABUPATEN/KOTA                                   : KUPANG
PROVINSI                                                    : NUSA TENGGARA TIMUR
                                                                                                 Halaman :………

No.
Urut

NAMA DESA/KELURAHAN
PEMILIH TERDAFTAR
JUMLAH TPS

KET.2)
LAKI-LAKI
PEREMPUAN
JUMLAH
1.
BAKUNASE
1.505
1.489
2.994
10

2.
AIRNONA
2.360
2.393
4.753
13

3.
KUANINO
2.719
2.845
5.564
16

4.
NUNLEU
1.643
1.627
3.270
11

5.
FONTEIN
1.647
1.762
3.409
8

6.
NAIKOTEN II
696
830
1.526
5

7.
NAIKOTEN I
3.466
3.380
6.846
22

8.
BAKUNASE II
2.145
2.030
4.175
11

TOTAL
16.181
16.356
32.537
96


                                                                                                                                    KUPANG, 15 MARET 2012

Catatan :
1)     = Coret yang tidak perlu
2)    = Banyaknya jumlah pemilih tambahan                             Disahkan dalam rapat pleno PPK tanggal 15 Maret 2012
PANITIA PEMILIHAN KECAMATAN

                                Nama                                                                                Tanda Tangan

  1. YOHANES HERAT                                       KETUA                       ………………………………
  2. SOKAN BUSA TEIBANG, S.Pd                  ANGGOTA                ………………………………
  3. JOKE A. NUFNINU                                       ANGGOTA                ………………………………
  4. JUFRY M. ROHIMONE                                 ANGGOTA                ……………………………...
  5. KLETUS KANDIDUS WOY                          ANGGOTA                ………………………………